Kamis, 07 Juli 2011

Alternatif Keajaiban Dunia Dari Indonesia

Alternatif Keajaiban Dunia Dari Indonesia Kontroversi soal penetapan 7 keajaiban dunia baru versi www.new7wonders.com pada tanggal 7 Juli 2007, di mana Candi Borobudur yang sangat kita banggakan tidak masuk ke dalam salah satunya, menimbulkan sejumlah tanya. Mulai dari sistem penentuan yang lebih menitikberatkan pada polling di internet hingga masalah kriteria apa saja yang bisa dianggap sebagai keajaiban dunia.
Tidak masuknya nama Candi Borobudur sebagai salah satu dari kandidat 7 keajaiban dunia mengundang sejumlah persoalan lain. Kurangnya usaha pihak terkait (pemerintah) dalam mempromosikan budaya dan situs-situs bersejarah milik bangsa kepada dunia internasional dianggap sebagai salah satu biang gagalnya Candi Borobudur masuk ke dalam salah satu calon 7 keajaiban dunia.
Daripada ribut dan terus menerus mencari kambing hitam yang tidak akan ketemu-ketemu, lebih baik kita mulai mencari alternatif lain situs-situs di Indonesia yang layak diangkat sebagai kandidat 7 keajaiban dunia yang berasal dari Indonesia. Berikut ini adalah sejumlah situs yang berdasarkan pemikiran dan pertimbangan penulis layak diangkat menjadi kandidat 7 keajaiban dunia selain Candi Borobudur. Bila para pembaca wikimu punya kandidat lain yang dianggap layak, monggo mari kita diskusikan:
1. Kompleks Candi Prambanan
Candi Prambanan atau Candi Rara Jonggrang atau Lara Jonggrang yang terletak di Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini terletak di pulau Jawa, kurang lebih 20 km timur Yogyakarta, 40 km barat Surakarta dan 120 km selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Rara Jonggrang terletak di desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara kabupaten Sleman dan Klaten. Kompleks candi ini terdiri dari 8 kuil atau candi utama dan lebih daripada 250 candi kecil. Candi yang diperkirakan dibangun pada tahun 850 Masehi cukup layak untuk dijadikan kandidat 7 keajaiban dunia untuk kategori dunia abad pertengahan.
2. Pura Besakih
Pura Besakih adalah sebuah komplek pura yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, Bali. Komplek Pura Besakih terdiri dari 18 Pura dan 1 Pura Utama. Pura Besakih merupakan pusat kegiatan dari seluruh Pura yang ada di Bali. Di antara semua pura-pura yang termasuk dalam kompleks Pura Besakih, Pura Penataran Agung adalah pura yang terbesar, terbanyak bangunan-bangunan pelinggihnya, terbanyak jenis upakaranya dan merupakan pusat dan semua pura yang ada di Besakih. Di Pura Penataran Agung terdapat 3 arca utama Tri Murti Brahma, Wisnu dan Siwa yang merupakan perlambang Dewa Pencipta, Dewa Pemelihara dan Dewa Pelebur. Pura Besakih dianggap layak untuk diangkat sebagai salah satu kandidat 7 keajaiban dunia, selain karena keunikan tempat dan ukurannya, tapi juga posisi pura tersebut yang ada di pulau Bali. Dengan kata lain, promosi pura tersebut sebagai salah satu 7 keajaiban dunia akan lebih mudah mengingat pulau Bali yang sangat terkenal di mata internasional.
3. Pulau Komodo
Pulau Komodo menjadi pilihan penulis untuk dimasukkan sebagai kandidat 7 keajaiban dunia yang berasal dari Indonesia untuk kategori keajaiban alam. Pulau yang menjadi kawasan taman nasional Komodo ini layak menjadi kandidat karena kekhasan wilayahnya, dimana hanya satu-satunya di dunia ini yang memiliki habitat asli Komodo yang tidak akan ditemui di tempat lain. Selain itu, si ‘naga' ini dianggap sebagai salah satu spesies langka jaman dinosaurus yang masih hidup hingga sekarang. Dengan pertimbangan itulah, penulis memasukkan Pulau Komodo sebagai kandidat 7 keajaiban dunia untuk kategori keajaiban alam.
Bagaimana pendapat Anda?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Web Hosting Deals